Penggantian Jembatan Cinagara Ditargetkan Selesai November 2022

Space Iklan

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat melalui PPK 5.3 Satuan Kerja (Satker) PJN Wilayah V Jawa Barat saat ini tengah melakukan pekerjaan penggantian Jembatan Cinagara. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, INFOINFRASTRUKTUR.COM – Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat melalui PPK 5.3 Satuan Kerja (Satker) PJN Wilayah V Jawa Barat  saat ini tengah melakukan pekerjaan penggantian Jembatan Cinagara arah Ciawi yang berada di Kabupaten Bogor tepatnya di ruas Jalan Ciawi – Benda.

Pekerjaan konstruksi Jembatan Cinagara ini dimulai bulan Juni tahun 2022. Saat ini progress konstruktsi jembatan sudah mencapai 40 persen.  Penggantian Jembatan Cinagara ditargetkan selesai bulan November 2022.

“Saat ini progress pekerjaan sudah mencapai 40 persen dengan target penyelesaian kita sesuai kontrak di bulan November 2022. Tetapi kita optimis di bulan Oktober 2022 sudah dilakukan open traffic di Jembatan Cinagara ini,” ungkap Rendra Yudhi Selaku Manajer Ruas / PPK 5.3 Satker PJN Wilayah V Jawa Barat dikutip dari binamarga.pu.go.id.

Yudhi menjelaskan secara teknis,  pekerjaan penggantian jembatan yang saat ini tengah dikerjakannya merupakan penggantian jembatan lama dengan konstruksi beton melengkung dengan bentang panjang 25 meter yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. Jembatan tersebut akan diganti jembatan baru dengan tipe Gelagar Beton (PCI Girder), lebar 10 meter dan panjang 35 meter.

“Awal mula penggantian Jembatan Cinagara yang usianya sudah hampir 100 tahun ini dilakukana karena adanya penurunan nilai kondisi serta melewati umur layan konstruksi. Di mana untuk memenuhi kebutuhan volume lalu lintas di ruas Ciawi Benda yang mayoritas adalah kendaraan truk bermuatan besar sehingga perlu menggunakan jembatan dengan konstruksi Gelagar Beton (PCI Girder),” kata Yudhi.

Ditambahkan Yudhi, pekerjaan yang tengah dikerjakan saat ini adalah Pembesian dan Pengecoran Abutmen. Pekerjaan tersebut tengah dikebut dikarenakan sangat berpengaruh pada progress untuk selanjutnya dilakukan pekerjaan erection Girder.

Saat ini Beton Precast Girder tersebut telah terfabrikasi sehingga menunggu penyelesaian pekerjaan abutmen agar Girder dapat dikirim ke lokasi proyek. Atas dasar hal tersebut, Yudhi cukup optimis jika penyelesaian konstruksi Jembatan Cinagara dapat terlaksana lebih cepat dari target kontrak.

Yudhi juga berharap dengan terselesaikannya pekerjaan penggantian Jembatan Cinagara ini dapat meningkatkan akses mobilitas warga sehingga transportasi semakin lancar serta meningkatkan roda perekonomian masyarakat sekitar, serta perekonomian perusahaan – perusahaan yang bergerak di bidang industri dan logistik.

Paket Penggantian Jembatan Cinagara dilaksanakan oleh penyedia jasaPT. Batara Guru Group. (Gins)

dibaca oleh 2,043 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*