UPTD Laboratorium Bahan Kontruksi Bisa Lakukan 13 Parameter Pengujian Aspal

Space Iklan

Kepala UPTD Laboratorum Bahan Kontruksi (Labkon) - Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jawa Barat Deden Heri. (Foto: Istimewa/BMPR Jabar)

BANDUNG, INFOINFRASTRUKTUR.COM– Kepala UPTD Laboratorum Bahan Kontruksi (Labkon) – Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jawa Barat Deden Heri mengatakan, UPTD Labkon saat ini bisa melakukan 13 parameter pengujian aspal dan campuran aspal yang telah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Selain itu, UPTD Labkon juga bisa melaksanakan jenis pengujian beton, agregat dan tanah yang didukung dengan peralatan yang memadai untuk pelaksanaan pengujian.

“Dari sisi kualitas SDM sudah mendapat sertifikasi melalui pelaksanaan bimbingan teknik bekerjasama dengan asosiasi profesi. Hanya dari kuantitas dengan beban kerja pengujian yang banyak, masih perlu penambahan personil penguji dan peralatan pengujian,” kata Deden dalam acara peresmian Gedung Laboratorium Tanah UPTD Labkon, Jumat (9/12/2022) di Kantor UPTD Labkon, Jalan AH Nasution Bandung.

Peresmian Gedung Laboratorium Tanah UPTD Labkon ini dilakukan oleh Kepala Dinas BMPR Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono, Jumat (9/12/2022) di Kantor UPTD Labkon, Jalan AH Nasution Bandung.

Dalam arahannya, Kadis BMPR meminta UPTD Labkon senantiasa meningkatkan pelayanan pengujian dan berharap sistem informasi pengujian sesegera mungkin menggunakan sistem informasi berbasis aplikasi digital. “Digitalisasi penting untuk memberikan kemudahan informasi bagi para pelanggan pengujian,” tegas Kadis.

Terkait potensi perolehan pendapatan retribusi yang bisa diperoleh UPTD Labkon, Kadis menjelaskan, masih menunggu payung hukum, berupa Perda. “Untuk sementara selain melakukan pengujian internal DBMPR, layani juga instansi-instansi pemerintah lainnya yang meminta bantuan pengujian dengan bersurat permohonan kepada Kepala Dinas BMPR,” ujar Kadis. (Infr)

dibaca oleh 768 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*