Tingkatkan Konektivitas Pansela Jabar, Kementerian PUPR Bangun Duplikasi Jembatan Cisokan

Space Iklan

Pondasi pekerjaan Pembangunan/Duplikasi Jembatan Cisokan telah selesai dilaksanakan di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. (Foto: Ist)
Pondasi pekerjaan Pembangunan/Duplikasi Jembatan Cisokan telah selesai dilaksanakan di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. (Foto: Ist)

BANDUNG, InfoInfrastruktur.com – Untuk meningkatkan kelancaran konektivitas di jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa Barat dan meningkatkan fungsi jalan/jembatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini sedang melaksanakan pekerjaan Pembangunan/Duplikasi Jembatan Cisokan di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Pembangunan/Duplikasi Jembatan Cisokan ini dilakukan Kementerian PUPR untuk memperbaharui jembatan eksisting yang merupakan tipe jembatan Callender Hamilton (CH) yang dibangun pada tahun 1986 lalu. Lebar Jembatan Cisokan yang ada saat ini tidak memungkinkan untuk dilalui oleh kendaraan dari dua arah secara bersamaan.

PPK 2.4 Jawa Barat – Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasioanal (Satker PJN) Wilayah II Provinsi Jawa Barat Marnala R. Chandra ST MSc kepada InfoInfrastrutkur.com di Bandung, Rabu (28/7/2021) mengatakan, pondasi duplikasi Jembatan Cisokan ini telah selesai dikerjakan di kedua abutmen. “Siap lanjut ke bagunan atas,” katanya.

Pabrikasi rangka jembatan untuk Pembangunan/Duplikasi Jembatan Cisokan  sedang dilaksanakan di pabrik baja di Bantar Gebang Bekasi. (Foto: Ist)

Adapun bangunan atas jembatan yang selanjutnya dikerjakan adalah Pile Cap, Wing Wall, dan back wall Abutment.  “Untuk pabrikasi rangka jembatan sedang dilaksanakan di pabrik baja di Bantar Gebang Bekasi,” ungkap Chandra.

Chandra menjelaskan, Jembatan Cisokan ini akan dibangun dengan tipe rangka baja sepanjang 60 m, lebar total 9 m yang terdiri dari lebar badan jalan 7 m dan lebar trotoar 2 m. 

“Selama konstruksi dipastikan tidak ada pengalihan arus sehingga jembatan lama masih dapat dilalui dan pembangunan ditargetkan selesai pada akhir November 2021,” ujarnya.

Untuk mencapai target pengerjaan jembatan ini, kata Chandra, pihaknya akan berupaya maksimal melakukan pengawasan terhadap kinerja kontraktor pelaksana.

Pelaksanaan Pembangunan/Duplikasi Jembatan Cisokan ini dilakukan oleh kontraktor  PT Taksaka Marina Nusantara dengan nilai kontrak Rp16,7 miliar. (Gin)

dibaca oleh 3,684 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*