Pemandangan Jalan Lingkar Timur Kuningan Mempesona, Target Akhir November Dapat Dilintasi

Space Iklan

Ruas Jalan Lingkar Timur Kuningan yang berada di kaki Gunung Ciremai ini ditargetkan selesai dan dapat dilintasi pada akhir November 2021. (Foto: InfoInfrastruktur)
Ruas Jalan Lingkar Timur Kuningan yang berada di kaki Gunung Ciremai ini ditargetkan selesai dan dapat dilintasi pada akhir November 2021. (Foto: InfoInfrastruktur)

BANDUNG, INFOINFRASTRUKTUR.COM – Jalan Lingkar Timur Kuningan yang kini sedang dalam tahap penyelesaian menawarkan pemandangan yang indah di sisi kiri dan kanan jalan tersebut. Pemandangan sawah di sisi jalan lingkar ini bagaikan lukisan alam yang mempesona dan memanjakan mata yang melintasinya.

Itulah kesan pertama ketika melewati jalan lingkar ini. Ruas Jalan Lingkar Timur Kuningan yang berada di kaki Gunung Ciremai ini ditargetkan selesai dan dapat dilintasi pada akhir November 2021.

Arief Budiman ST selaku PPK 3.4 Provinsi Jawa Barat menjelaskan kepada INFOINFRASTRUKTUR.COM dan Medikomonline.com, Jumat (08/10/2021), Jalan Lingkar Timur Kuningan yang dibangun sepanjang 7,2 km, dimulai dari Desa Garatengah, Kecamatan Japara sampai ke Desa Kedungarum, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Ruas Jalan Lingkar Timur Kuningan ini dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai jalan alternatif dari Cirebon ke Kuningan sekaligus mengurangi kepadatan lalu lintas di Jalan Cirebon – Kuningan. Sebelumnya, Pemda Kuningan telah selesai membangun Jalan Lingkar Timur Kuningan sepanjang 6,5 km. Ditambah dengan jalan lingkar yang dibangun Kemeterian PUPR sepanjang 7,2 Km, maka panjang jadi total Jalan Lingkar Timur Kuningan sekitar 13,7 km

Arief menjelaskan, saat ini pekerjaan aspal badan jalan ruas Jalan Lingkar Timur Kuningan telah selesai lebih dari 6 Km. “Sisanya dalam tahap penyelesaian,” kata Arief.

Lanjut Arief, dalam Pembangunan Jalan Lingkar Timur ini juga ada pekerjaan pembangunan jembatan. Abutmen jembatan telah selesai dibangun. “Saat ini  memasuki tahapan proses erection girder jembatan,” ungkapnya.

Pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan dimulai sejak Desember 2019 sesuai kontrak senilai Rp97,37miliar dengan kontraktor pelaksana PT Seneca Indonesia dan konsultan pengawas PT Seecons (KSO), PT Indec Internusa, dan PT Sinergi Teknik Utama.

Berdasarkan pengamatan INFOINFRASTRUKTUR.COM baru-baru ini di lapangan, di ruas Jalan Lingkar Timur Kuningan yang telah selesai dibangun oleh Pemda Kuningan sepanjang 6,5 km, kini telah berdiri bangunan, sekolah, perkantoran dan industri. Di antaranya PT Zebra Asaba Industris, SMK Negeri 1 Cilimus, kantor CIS. Selain itu, warung makanan dan minuman juga sudah banyak berdiri. (Gins)

dibaca oleh 1,833 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*