Terpantau 1.100 Lubang, Dinas Bina Marga Jabar Siaga Siapkan Jalan Aman Jelang Libur Nataru

Space Iklan

Kepala Dinas BMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono didampingi Plt Sekdis Iwan Suwanagiri , Kabid Teknik Gumilang dan para Kepala UPTD memberikan keterangan dalam konferensi pers di di Kantor Dinas BMPR Jabar, Bandung. (Foto: Istimewa/BMPR Jabar)

BANDUNG, INFOINFRASTRUKTUR.COMMenjelang Libur Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 atau yang sering disebut Nataru, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat sudah bersiaga menyiapkan jalan yang aman dan nyaman untuk masyarakat yang akan melakukan mudik atau wisata lewat jalan darat.

“Ada 33.000 km keseluruhan panjang jalan di wilayah Jawa Barat. Khusus Jalan Provinsi panjangnya 2360,58 km yang semua kita perhatikan menjelang libur Natal dan tahun baru (Nataru),” kata Kepala Dinas BMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono dalam acara konferensi pers, Jum’at (16/12/2022) di Kantor Dinas BMPR Jabar, Jalan Asia Afrika Bandung.

Bambang menjelaskan, ada beberapa jalur lintas utama libur Nataru di Jawa Barat yang merupakan jalur non tol baik jalan nasioanl atau jalan provinsi. Selanjutnya jalur alternatif libur Nataru (tol dan non tol), serta jalur wisata meliputi wilayah Bopunjur, Sukabumi Raya, Bandung Raya, Jabar Selatan, Cirebon Raya.

Saat ini dari hasil pemantauan di lapangan di jalur alternatif dan wisata terdapat 1.100 lubang di jalan yang sedang dilakukan pemeliharaan/perbaikan agar pada saat libur Nataru sudah beres.

Untuk mengantisipasi munculnya lubang baru atau terjadinya bencana yang mengganggu ruas jalan, Dinas BMPR sudah menyiapkan Posko petugas maupun posko alat berat. “Untuk siaga lapangan kita siapkan 837 personil, dan sejumlah alat berat berbagai jenis,” ujar Kadis.

Lanjut Bambang, untuk posko kita siapkan 43 posko termasuk nomor untuk kondisi darurat . “Jawa Barat banyak daerah rawan bencana banjir, longsor. Untuk itu kita sediakan nomer hp darurat yang bisa segera dihubungi dan untuk memudahkan penanganan alat-alat berat disebar mendekati wilayah rawan bencana,” jelas Bambang.

Turut hadir dalam acara konferensi pers Plt Sekdis Iwan Suwanagiri , Kabid Teknik Gumilang dan para Kepala UPTD dan jajaran staf DBMPR. (Ifr)

dibaca oleh 2,902 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*