Empat Kementerian Bersinergi Membangun Situ Bagendit Jadi Objek Wisata Kelas Dunia

Space Iklan

Pemerintah Kabupaten Garut menerima kunjungan tim Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Barat di lokasi pembangunan objek wisata Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. (Foto: Hms Garut)

Garut, InfoInfrastruktur.com – Pemerintah Kabupaten Garut menerima kunjungan tim Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Barat di lokasi pembangunan objek wisata Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (17/06/2020).

Kedatangan tim BPPW diterima langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) dr Helmi Budiman didampingi Kadisparpud Garut Budi Gan Gan, Camat Banyuresmi H Nurodin, Kades Bayuresmi dan pengurus obyek wisata Situ Bagendit.

Usai menerima kunjungan BPPW, Helmi mengatakan, dalam pembangunan Situ Bagendit ini pemerintah pusat menggandeng empat kementerian, yakni Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Keuangan, Kementrian Perhubungan, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Empat kementerian ini telah menjalin sinergitas menjadikan objek wisata Situ Bagendit sebagai wisata kelas dunia guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ada empat kementrian yang terlibat dalam pembangunan Situ Bagendit ini. Semoga Bagendit menjadi obyek wisata kelas dunia sehingga dapat mendorong pertubuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Garut,” ungkap Wabup. Wakil Bupati Helmi Budiman menjelaskan, kedatangan tim BPPW untuk melihat secara langsung obyek wisata Situ Bagendit sekaligus memberitahukan bahwa proses lelang pembangunan Situ Bagendit sedang berjalan di pusat.

“Jadi tadi kami menerima kunjungan dari Balai BPPW Jabar, memberitahukan bahwa proses sedang berjalan di pusat. Ya mudah-mudahan segera bisa dilaksanakan, tergantung proses lelangnya sedang dilakukan di pusat,” ungkap Wabup.

Wabup Helmi menambahkan, pihaknya telah meninjau ke lapangan langsung terkait dengan kesiapan dari pertanahan seluas 105 Ha yang pengerjaannya dilaksanakan pada tahun jamak tahun ini atau tahun 2021.

Wabup Helmi mengatakan, Pemkab Garut mengapresiasi langkah pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Barat yang siap membangun daerah Garut, termasuk sektor pariwisata di Situ Bagendit. Untuk itu masyarakat harus ikut berpartisipasi dengan menjaga dan merawatnya.

“Atas nama Pemkab Garut mengapresiasi pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Barat yang akan membangun Situ Bagendit menjadi obyek wisata nasional guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Helmi. (Mbayak Ginting)

dibaca oleh 1,578 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*