Tingkatkan Kemantapan Jalan, PPK 4.1 Jabar Preservasi Jalan Sukarno Hatta Bandung

Space Iklan

PPK 4.1 Provinsi Jawa Barat memulai pekerjaan Rekonstruksi Jalan Ruas Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung pada bulan Juli 2024. (Foto: Infoinfrastruktur.com)

Bandung, Infoinfrastruktur – Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus meningkatkan kemantapan jalan nasional di seluruh Indonesia. Di wilayah Provinsi Jawa Barat, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) DKI Jakarta – Jawa Barat juga terus meningkatkan kemantapan jalan nasional yang panjangnya 1.783 km.

Menurut informasi Neraca Dataset – Kemantapan Jalan Nasional dari Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, tingkat kemantapan jalan nasional di wilayah Provinsi Jawa Barat pada tahun 2023 mencapai 97,98% kondisi mantap (1.747 km) dan tidak mantap 2,02% (36 km).

Untuk meningkatkan kemantapan jalan nasional ini, Satuan Kerja PJN Wilayah IV Provinsi Jawa Barat melalui PPK 4.1 Provinsi Jawa Barat pada tahun 2024 melaksanakan Preservasi Jalan Bandung – Padalarang – Soreang.

PPK 4.1 Provinsi Jawa Barat memulai pekerjaan Rekonstruksi Jalan Ruas Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung pada bulan Juli 2024. (Foto: Infoinfrastruktur.com)

PPK 4.1 Provinsi Jawa Barat  Arief Budiman menjelaskan, untuk meningkatkan kemantapan dan kenyamanan jalan nasional di Jawa Barat, PPK 4.1 Provinsi Jawa Barat pada bulan Juli 2024 memulai pekerjaan Rekonstruksi Jalan untuk Ruas Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung Km.Bdg 11+600 di jalur cepat arah timur sepanjang 120 meter.

“Pekerjaan preservasi jalan ini dilakukan dengan memperbaiki badan jalan melalui perkerasan beton, dengan tahapan pelaksanaan mulai dari pembongkaran Perkerasan Beton, Penyiapan Badan Jalan, Lapis Pondasi Beton Kurus, dan Penghamparan Beton dengan usia 3 – 7 Hari,”  kata Arief Budiman kepada Infoinfrastruktur.com, Senin (08/7/2024).

Pekerjaan rekontruksi jalan ini ditargetkan rampung dalam 12 hari ke depan. “Dan selama pekerjaan preservasi akan dilaksanakan skema rekayasa lalu lintas untuk menghindari kepadatan lalu lintas akibat pekerjaan yang kami laksanakan,” ungkap Arief.

Berdasarkan pengamatan Tim Redaksi Infoinfrastruktur.com di lokasi pekerjaan, Minggu (7/7/2024) tampak sejumlah pekerja sedang melaksanakan Rekonstruksi Jalan Ruas Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung.

PPK 4.1 Provinsi Jawa Barat  telah melaksanakan Pekerjaan Rehabilitasi Mayor Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung. (Foto: Infoinfrastruktur.com)

Sebelumnya pada bulan Juni 2024 lalu, PPK 4.1 Provinsi Jawa Barat  juga telah melaksanakan Pekerjaan Rehabilitasi Mayor Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung. “Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung yang masuk dalam kewenangan jalan nasional, terus ditingkatkan kemantapannya dengan dilaksanakannya pekerjaan rehabilitasi mayor jalan sepanjang 400 meter, tepatnya di KM 6+300,” jelas Arief.

Dijelaskan Arief, tahapan pekerjaan rehabilitasi mayor ini dilaksanakan dengan mengupas aspal lama dengan Cold Miling Machine yang dilanjutkan melapis ulang badan jalan dengan 2 lapisan aspal modifikasi AC-BC dan aspal modifikasi AC-WC.

Pekerjaan rehabilitasi mayor yang dilaksanakan oleh PPK 4.1 Provinsi Jawa Barat ini selanjutnya akan dilaksanakan pemasangan marka jalan setelah masa setting aspal terpenuhi.

Berdasarkan pengamatan Tim Redaksi Infoinfrastruktur.com di lokasi pekerjaan, Jumat (21/6/2024), pekerasan aspal dalam Pekerjaan Rehabilitasi Mayor Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung telah selesai dilaksanakan.  

Preservasi Jalan Bandung – Padalarang – Soreangini dilaksanakan oleh kontraktor PT. Anten Asri Perkasa. (Gin)

dibaca oleh 2,156 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*