Menteri Pertanian Ajak Petani Subang Maksimalkan Alsintan dan Manfaatkan KUR

Space Iklan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak para petani di Kabupaten Subang memanfaatkan KUR. (Foto: Kementerian Pertanian)

SUBANG, InfoInfrastruktur.com – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak para petani di Kabupaten Subang memaksimalkan penggunaan alat mesin pertanian (Alsintan) dan memanfaatkan KUR.

“Subang harus memanfaatkan KUR. Angka yang ada masih bisa ditambah, ada kawan-kawan dari BRI dan BNI yang bisa membantu. Jangan takut, sebab dari lahan 1 hektare lahan yang panen, kita bisa mendapat Rp 30 juta. Karena satu hektare lahan bisa hasilkan padi 8 ton. Oleh karena itu tidak ada yang tidak ditanam,” kata Menteri dalam kunjungannya di Subang, Jawa Barat, Sabtu (06/06/2020).

Dalam kunjungannya ke Subang, Mentan SYL juga memberikan bantuan Alsintan berupa traktor roda 4 yang diterima secara simbolis oleh Kelompok Tani Sumbersari, Desa Bojong Jaya, Kecamatan Pusaka Jaya.

Sedangkan traktor roda dua diterima simbolis Kelompok Tani Palawa Desa Tanjung Rasa, Kecamatan Patok Beusi. Dan penerima simbolis bantuan pompa air adalah Kelompok Tani Kedokan, Desa Kotasari, Kecamatan Pusaka Jaya, Kabupatan Subang.

Untuk penyerahan simbolis klaim Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) periode Februari – Maret 2020 untuk Kabupaten Subang, jumlahnya Rp2.198.000.000. 

Dalam kunjungan Menteri tersebut, dilakukan juga penyerahan KUR Pertanian Subang dari BNI. Bantuan ini diterima simbolis oleh Rustam (komoditas padi) dengan jumlah Rp100 juta, dan Nuryati Binti Kosim (komoditas padi) Rp250 juta. 

Sementara KUR Pertanian dari BRI diterima secara simbolis oleh Sutanto (komoditas padi) Rp50 juta, Mukhtar Hasyim (komoditas padi) Rp250 juta, Sukewi (komoditas padi) Rp100 juta, Sukaesih Komalasari (komoditas padi) Rp100 juta.

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Sarwo Edhy yang turut mendampingi kunjungan Mentan di Subang menjelaskan, minat petani Subang terhadap KUR sangat tinggi. Data terbaru hingga 4 Juni, realisasi KUR Subang mencapai 100%.

“Realisasi penyaluran KUR Sektor Pertanian Provinsi Jabar per tanggal 4 Juni 2020, untuk Kabupaten Subang mencapai lebih dari target 100% . Sangat luar biasa, dari target Rp113.247.566.200, telah di realisasikan untuk sektor pangan, perkebunan, hortikultura, peternakan, mixed farming dan jasa pertanian perkebunan peternakan senilai Rp 118.272.566.200,” tutur Sarwo Edhy. (Mbayak Ginting)

dibaca oleh 1,264 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*