Satker Dinas Bina Marga Jabar Tangani Amblasan Jalan di Ruas Padalarang – Rajamandala

Space Iklan

Satuan Kerja (Satker) Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat (Jabar) melakukan pembongkaran aspal badan jalan untuk menangani patahan/amblasan jalan di ruas Jalan Padalarang – Rajamandala. (Foto: InfoInfrastruktur)
Satuan Kerja (Satker) Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat (Jabar) melakukan pembongkaran aspal badan jalan untuk menangani patahan/amblasan jalan di ruas Jalan Padalarang – Rajamandala. (Foto: InfoInfrastruktur)

BANDUNG, INFOINFRASTRUKTUR.COM – Untuk menangani patahan/amblasan jalan di ruas Jalan Padalarang – Rajamandala,  Satuan Kerja (Satker) Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat (Jabar) melakukan pembongkaran aspal badan jalan.

Penanganan ini dilakukan untuk meningkatkan kemantapan jalan pada ruas Jalan Padalarang – Rajamandala  yang merupakan salah satu akses utama masuk ke Kota Bandung ini.

Kepala Satker Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat Deden Heri menjelaskan hal tersebut kepada Medikomonline dan InfoInfrastruktur di Bandung, Senin (01/11/2021). “Kita terus berupaya meningkatkan kemantapan jalan nasional di ruas tersebut melalui  Preservasi Jalan Cisomang – Padalarang – Rajamandala,” kata Deden.

Lanjut Deden, aspal badan jalan yang dibongkar ini akan dihampar kembali aggregat kelas B dan kelas A dan kemudian pelapisan hotmix AC Base, AC BC dan AC WC sebagai upaya meningkatkan kemantapan jalan tersebut.

Dalam Preservasi Jalan Cisomang – Padalarang – Rajamandala tahun 2021 ini juga dilakukan perkerasan aspal di beberapa segmen untuk memelihara kemantapan jalan.

Lebih rinci Deden menjelaskan metoda kerja penanganan patahan/amblasan pada ruas Jalan Padalarang – Rajamandala sebagai berikut:

1. Penggalian lapisan aspal existing sampai lapisan Aggregat

2. Penghamparan geotektile

3. Penghamparan kembali aggregat kelas B dan kelas A

4. Pelapisan hotmix AC Base, AC BC dan AC WC

5. Lalu lintas diberlakukan 1 arah (buka tutup)

6. Kebutuhan waktu pelaksanaan 1 (satu) bulan

Sebagaimana diketahui,  ruas Jalan Padalarang – Rajamandala merupakan salah satu ruas jalan yang padat dilalui kendaraan bermotor, baik berupa truk, bus, mobil pribadi, dan kendaraan roda dua.

Berdasarkan pengamatan media saat melintasi ruas Jalan Padalarang – Rajamandala pada Kamis (28/10/2021) lalu, sempat terjadi kemacetan lalu lintas panjang dari arah Padalarang menuju Rajamanadala, dan juga sebaliknya. Kemacetan ini dikarenakan ada pekerjaan pembongkaran aspal jalan sehingga arus lalu lintas harus dilakukan buka tutup satu arah.

Di sela kemacetan jalan ini, Asep selaku pengguna jalan mengharapkan perbaikan jalan ruas Jalan Padalarang – Rajamandala dilakukan dengan kualitas yang baik agar masyarakat merasakan manfaatnya secara maksimal.

Preservasi Jalan Cisomang – Padalarang – Rajamandala tahun 2021 ini dilaksanakan oleh penyedia jasa PT. Enam Menara Heksagon dan konsultan supervisi PT Daksinapati Karsa Konsultindo. Preservasi Jalan Cisomang – Padalarang – Rajamandala ini dilaksanakan selama 240 hari kalender. (Penulis: Gin Su)

dibaca oleh 4,146 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*