Kabar Gembira, Jembatan Cisokan Bisa Dilalui Awal Desember 2021

Space Iklan

Para pekerja sedang menyelesaikan pembangunan Jembatan Cisokan. (Foto: InfoInfrastrutkur.com)
Para pekerja sedang menyelesaikan pembangunan Jembatan Cisokan. (Foto: InfoInfrastrutkur.com)

BANDUNG, INFOINFRASTRUKTUR.COM – Kabar gembira untuk masyarakat di wilayah Cianjur selatan. Jembatan Cisokan yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  akan segera bisa dilalui di awal Desember 2021.

“Di awal Desember 2021 Jembatan Cisokan  akan selesai dibangun dan bisa dilalui kendaraan bermotor,” kata PPK 2.4 Jawa Barat – Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasioanal (PJN) Wilayah II Provinsi Jawa Barat Marnala R Chandra ST MSc kepada InfoInfrastrutkur.com dan Medikomonline.com di Bandung, Selasa (02/11/2021).

Chandra menjelaskan, pihaknya terus memacu pihak penyedia jasa untuk dapat menyelesaikan pembangunan Jembatan Cisoakan dengan kualitas yang baik karena jembatan ini sangat diperlukan bagi kelancaran mobilitas masyarakat. “Kini Jembatan Cisokan bisa dilalui dua arah sekaligus,” katanya.

Selama ini, Jembatan Cisokan yang lama tidak bisa dilalui dua arah secara bersamaan karena lebar jembatan tidak mencukupi.

Chandra berharap, dengan selesainya pembangunan Jembatan Cisokan ini bisa meningkatkan kenyamanan dan keamanan masyarakat  berlalu lintas,  khususnya bagi masyarakat di wilayah Cainjur selatan.   

Kondisi Jembatan Cisokan yang lama berdampingan dengan Jembatan Cisokan yang baru dibangun Kementerian PUPR. (Foto: InfoInfrastrutkur.com)

Pembangunan/Duplikasi Jembatan Cisokan ini dilakukan Kementerian PUPR untuk memperbaharui jembatan eksisting yang merupakan tipe jembatan Callender Hamilton (CH) yang dibangun pada tahun 1986 lalu.

Dijelaskan Chandra, bangunan atas Jembatan Cisokan yang telah dikerjakan adalah Pile Cap, Wing Wall, dan back wall Abutment.  “Untuk pabrikasi rangka jembatan ini dibuat di pabrik baja di Bantar Gebang Bekasi,” ungkap Chandra.

Chandra menjelaskan, Jembatan Cisokan ini dibangun dengan tipe rangka baja sepanjang 60 m, lebar total 9 m yang terdiri dari lebar badan jalan 7 m dan lebar trotoar 2 m.

Pembangunan/Duplikasi Jembatan Cisokan ini dilaksanakan adalah kontraktor  PT Taksaka Marina Nusantara dengan nilai kontrak Rp16,7 miliar.

Haji Maman, mewakili PT Taksaka Marina Nusantara mengatakan, pihaknya selama ini berupaya keras menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan jadwal waktu yang diarahkan PPK. “Kita juga menjaga kualitas pekerjaan sesuai standar yang telah ditetapkan,” katanya.

Maman juga berharap, setelah Jembatan Cisokan ini selesai dibangun, dapat bermanfaat dan meningkatkan kenyamanan masyarakat  berlalu lintas.

Hal  senada juga disampaikan Deni, warga yang melintas di Jembatan Cisokan. “Pembangunan Jembatan Cisokan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena kini bisa dilalui dua kendaraan dari dua arah sekaligus,” katanya.

Sebagai warga masyarakat, Deni juga mengharapkan dengan jembatan baru ini dapat memperlancar kegiatan masyarakat dalam berlalu lintas dan juga bisa meningkatkan perekonomian.

Pantauan media di lapangan, para pekerja penyedia jasa PT Taksaka Marina Nusantara tampak bekerja menyelesaikan pembangunan Jembatan Cisokan tersebut. (Penulis: Gins)

dibaca oleh 5,889 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*