Gelar Piala Gubernur Jabar 2022, Kadisdik: Turnamen Basket Diharapkan Mampu Memicu Sportivitas

Space Iklan

Kadisdik Jabar Dedi Supandi bersama Bunda Literasi Jabar Atalia Praratya di acara pembukaan Piala Gubernur Jabar 2022 di Sport Jabar, Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (13/3/2022). (Foto: Disdik Jabar)

BANDUNG, INFOINFRASTRUKTUR.COM – Piala Gubernur Jabar 2022 melaksanakan tiga perlombaan yaitu turnamen bola basket antara SMA sederajat dan ASN se-Jabar, stand up comedy bahasa Sunda “Bodas” (Ngabodor Cerdas), dan lomba baca puisi.

Setiap perlombaan memiliki tujuan baik masing-masing. Untuk lomba Bodas, diharapkan budaya bahasa Sunda kembali digaungkan. Sedangkan lomba cipta puisi diharapkan mampu mengembangkan potensi dan kreativitas.

“Turnamen basket diharapkan mampu memicu sportivitas,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar) Dedi Supandi dalam pembukaan Piala Gubernur Jabar 2022 yang digelar Disdik Jabar dan Dispora Jabar di Sport Jabar, Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (13/3/2022).  

Menurut Kadisdik, khusus untuk turnamen basket SMA sederajat ada hal yang menarik karena peserta bukan hanya dari Jabar saja, ada beberapa sekolah dari DKI Jakarta yang juga turut berpartisipasi.

Awalnya, menurut Kadisdik, ketiga lomba tersebut akan diadakan secara terpisah. Namun, pihaknya berinisiatif merangkaikan ketiga lomba tersebut. “Melalui Piala Gubernur Jabar ini, diharapkan indeks kebahagiaan warga Jabar meningkat,” terangnya.

Turnamen bola basket antara SMA sederajat dalam Piala Gubernur Jabar 2022. (Foto: Disdik Jabar)

Kegiatan Piala Gubernur Jabar 2022 tersebut dibuka oleh Bunda Literasi Jabar Atalia Praratya. Secara simbolis, Atalia membuka Piala Gubernur Jabar 2022 dengan melakukan jump ball dalam pertandingan turnamen basket antara SMAN 8 Bekasi dan SMAN 9 Bandung. Pertandingan tersebut dimenangkan oleh SMAN 9 Bandung dengan skor 49-41.

Atalia pun mengapresiasi kolaborasi seluruh pihak atas terselenggaranya Piala Gubernur Jabar 2022. “Saya apresiasi kepada Dispora dan Disdik, mudah-mudahan kegiatan ini memberikan ruang kepada pemuda Jabar,” harapnya.

Ruang tersebut, tambahnya, merupakan upaya menghadirkan kreasi, inovasi, dan wadah bagi remaja untuk tampil dan mengaktualisasikan dirinya. “Ini juga bisa menjadi upaya pembinaan karakter untuk menjadi generasi emas di masa depan,” ungkapnya.

Atalia mengungkapkan, aktivitas olahraga menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan imun tubuh di masa pandemi ini. “Di masa ini, berolahraga jadi salah satu upaya kita agar tubuh tetap sehat,” imbuhnya.

Ia pun berpesan kepada seluruh pihak agar jangan lelah menghadirkan kreativitas baru. (Bill)

dibaca oleh 2,600 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*