Disdik Jabar Sampaikan Tiga Filosofi Wajib Dipegang Siswa ADEM

Space Iklan

Acara "Serah Terima Siswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Repatriasi Tahun Ajaran 2022/2023" di Aula Muhammad Yamin Kantor Disdik Jabar, Bandung. (Foto: Disdik Jabar)

BANDUNG, INFOINFRASTRUKTUR.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) melakukan acara “Serah Terima Siswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Repatriasi Tahun Ajaran 2022/2023” di Aula Muhammad Yamin Kantor Disdik Jabar, Bandung, Selasa (20/9/2022).

Selain dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) Siswa ADEM Repatriasi, acara ini juga diisi penampilan kreasi dan seni siswa SMA Mutiara Islami Plus Kabupaten Bekasi.

Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) Deden Saiful Hidayat mengucapkan selamat datang kepada siswa ADEM Repatriasi di Jabar. “Kita dari Disdik Jabar menerima kehadiran anak-anak kita yang akan belajar di Jabar,” ucap Deden.

Deden menyampaikan, ada kultur dan 3 filosofi yang harus dipegang saat hidup di Jabar. Pertama, salam (ucap asalamualaikum); kedua, punten (maaf). “Filosofi ini mengisyaratkan pendidikan karakter yang luar biasa. Punten bukan berarti merendahkan kita, tetapi saling menghargai,” tutur Deden.

Ketiga, lanjutnya, adalah nuhun (terima kasih). “Tanpa pendidikan karakter, sulit untuk sukses. Karakter 3 ini yang harus disampaikan guru kepada siswa,” imbaunya.

Deden menjelaskan, di era Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jabar, filosofi tadi diterjemahkan dalam manusia unggul Jabar. “Empat ciri manusia unggul Jabar, yakni sehat (jasmani dan rohani),  beriman (religius), berakhlak, dan cerdas,” ungkapnya.

Deden pun berharap, Siswa ADEM Repatriasi menjadi siswa yang beriman, berakhlak, dan cerdas. Saling menebar kebaikan antarsatu sama lain. “Itu menjadi ciri utama pendidikan di Jawa Barat,” pesannya. (Bill)

dibaca oleh 1,681 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*