Pemprov Jawa Barat Sudah Siapkan Dana Awal Pembangunan Jalan Tambang di Kabupaten Bogor

Space Iklan

Rapat koordinasi (rakor) pembangunan Jalan Tambang dipimpin Kepala Bidang Teknik Dinas BMPR Jawa Barat Gumilang. (Foto: Istimewa/BMPR Jabar)

BANDUNG, INFOINFRASTRUKTUR.COMPemerintah Provinsi Jawa Barat yang dipimpin Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil berkomitmen merealisasikan Pembangunan Jalan Khusus Angkutan Tambang (Jalan Tambang) di daerah Parung Panjang, Cigudeg, Kabupaten Bogor.

“Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun sudah menyiapkan dana awal untuk proses pembangunan Jalan Tambang tersebut,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jawa Barat Bambang Tritoyuilono dalam Rapat Pimpinan, Senin (18/7/2022).

Bambang menegaskan, Pembangunan Jalan Tambang ini harus memperhatikan dampaknya bagi masyarakat, baik di sisi ekonomi maupun akses jalan untuk lalu lintas masyarakat sekitarnya.

Proses Pembangunan Jalan Tambang ini sudah dilakukan, mulai dari penugasan kepada BUMD PT Jasa Sarana untuk mengelola sekaligus membentuk konsorsium para pemilik Ijin Usaha Pertambangan (perusahaan tambang-red) agar memberikan kontribusi sebagai investasi, dan mencari investor.  Beberapa investor sudah ada yang tertarik.

Secara teknis trase dan DED Jalan Tambang sudah beres. Karena Jalan Tambang ini akan dikoneksikan dengan Jalan Tol JORR 3, koordinasi dengan Kementerian PUPR dan BPTJ juga sudah dilakukan.

Koordinasi dengan perangkat daerah terkait baik tingkat Provinsi Jawa Barat, seperti Dinas ESDM, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup dan lainnya serta Pemda Kabupaten Bogor dan perangkat daerahnya juga rutin dilakukan.

Sebelumnya, Jum’at (15/7/2022) di Ruang Rapat Kepala Dinas BMPR Jawa Barat,  dilakukan rapat koordinasi (rakor) pembangunan Jalan Tambang yang dipimpin Kepala Bidang Teknik Dinas BMPR Jawa Barat Gumilang dan dihadiri PT. Jasa Sarana, Dinas Perhubungan, dan stakeholder lainnya.

Dalam rakor tersebut ada beberapa key point untuk percepatan Pembangunan Jalan Tambang tersebut, seperti pembentukan konsorsium (komitmen dan konstribusi), desain dan perijinan, komitmen kesiapan lahan. Komitmen Jadwal Pelaksanaan Proyek, Peningkatan Jalan Akses Konektivitas ke Tol JORR 3 serta Regulasi (oleh Pemda).

Dalam Rakor tersebut ada semangat agar ground breaking pembangunan Jalan Tambang bisa dilakukan tahun 2022 ini. (Gins)

dibaca oleh 1,091 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*