DPRD Jabar Apresiasi Penanganan Jalan Nasional Bts. Kota Banjar – Kalipucang, Daddy: Jalan Provinsi Sudah Waktunya Direkonstruksi

Space Iklan

Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Daddy Rohanady. (Foto: Ist)

Bandung, Infoinfrastruktur.comAnggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Daddy Rohanady mengapresiasi penanganan jalan nasional di wilayah Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta – Jawa Barat, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Salah satunya penanganan Ruas Jalan Bts. Kota Banjar – Kalipucang sepanjang 6 Km dengan Rehabilitasi Mayor oleh PPK 3.3 Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah III Jawa Barat.

“Kalau ini berjalan di 27 kota/kabupaten Jabar, saya kira perekonomian Jabar makin lancar. Arus orang, barang, dan jasa kian mengalir. Rakyat akan merasa negara hadir. Kesusahan kian minggir. Ini yang mestinya jadi bahan pikir,” ungkap Daddy merespons positif Rehabilitasi Mayor Ruas Jalan Bts. Kota Banjar – Kalipucang yang sedang dikerjakan di awal Februari 2023 ini.

Daddy menjelaskan, panjang jalan nasional di Jabar 1.789 Km, jalan provinsi 2.360 Km, jalan kabupaten kota 32.000 Km. “Jalan nasional di Jabar kan 1.789 Km, syukur saja kalau mantap semua. Jalan provinsi 2.360 km, itu pun masih  banyak yang harus ditangani. Apalagi jalan kota kabupaten sekitar 32.000 Km butuh penanganan serius. Jika semua kemantapannya di atas 90%, saya yakin ekonomi Jabar juga lebih lancar,” kata Daddy kepada Infoinfrastruktur.com, Rabu (08/02/2023).

Khusus tentang jalan provinsi, Daddy menyatakan, sekitar 73% sudah habis umur teknis rencananya sehingga sudah waktunya direkonstruksi. “Jalan provinsi yang 73% sudah habis umur teknis rencananya kan mesti juga direkonstruksi,” tegas Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jabar ini.  

“Memang tak mungkin sekaligus (direkonstruksi-red). Tapi kan tetap harus dilakukan meskipun bertahap. Kita juga tahu ada keterbatasan fiscal. Tapi kita tidak boleh membiarkannya. Itu sama saja kita menunggu bom waktu,” jelas dewan dari Dapil Kabupaten Indramayu, Cirebon dan Kota Cirebon ini.  

PPK 3.3 Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah III Jawa Barat melaksanakan Rehabilitasi Mayor pada Ruas Jalan Bts. Kota Banjar – Kalipucang. (Foto: Ist)

PPK 3.3 Jawa Barat Mochamad Aziz ST MT menjelaskan, Rehabilitasi Mayor jalan ini dilakukan untuk menjaga kondisi kemantapan jalan nasional di Ruas Jalan Bts. Kota Banjar – Kalipucang.

“PPK 3.3 Provinsi Jawa Barat melaksanakan pekerjaan Rehabilitasi Mayor pada Ruas Jalan Bts. Kota Banjar – Kalipucang sepanjang 6 Km,” ungkap Aziz kepada Infoinfrastruktur.com, Selasa (07/02/2023).

Dijelaskan Aziz, Rehabilitasi Mayor Ruas Jalan Bts. Kota Banjar – Kalipucang dilakukan dengan melapis ulang jalan dengan 2 lapis aspal type AC-BC dan AC-WC untuk menjaga kemantapan ruas jalan di jalur penghubung koridor tengah dengan jalur selatan Jawa Barat.

Sebagai jalur wisata menuju Pangandaran, ungkap Aziz, Ruas Jalan Bts. Kota Banjar – Kalipucang yang dilapis aspal diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan para pengguna jalan.

Selain itu, tambah Aziz yang dikenal gampang senyum ini, Rehabilitasi Mayor Ruas Jalan Bts. Kota Banjar – Kalipucang juga sebagai persiapan untuk kemantapan jalan dalam rangka arus mudik lebaran pada bulan April 2023 mendatang.

Kepada masyarakat pengguna jalan, Aziz meminta agar berhati-hati karena saat ini belum dipasang marka jalan. “Rencananya (marka jalan-red) akan dipasang setelah umur setting aspal terpenuhi,” jelasnya. (Gin/Bill)

dibaca oleh 3,869 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*