Terminal Ciledug Telah Diresmikan Gubernur, Terminal Losari dan Sumber Kapan Dibangun?

Space Iklan

Anggota DPRD Jawa Barat Drs. H. Daddy Rohanady bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Koswara dalam acara peresmian Terminal Ciledug Kabupaten Cirebon. (Foto: Istimewa)

Bandung, Infoinfrastruktur.comGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah meresmikan Terminal Tipe B Ciledug di Kabupaten Cirebon, Rabu (19/07/2023).

Terminal yang dibangun di atas lahan seluar 7.924 meter persegi ini dilengkapi fasilitas kedatangan dan keberangkatan. Groundbreaking Terminal Ciledug ini dilakukan pada Kamis (31/03/2022) dan  menelan biaya sekitar Rp 45,8 miliar.

Peresmian Terminal Ciledug ini juga dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Daerah Pemilihan Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, dan Kabupaten Indramayu) Drs. H. Daddy Rohanady.

Daddy Rohanady yang juga Anggota Komisi IV  DPRD Jawa Barat mengatakan, , Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki 14 terminal tipe B di Jawa Barat. Dari keempat belas terminal tersebut yang baru selesai dibangun hanya satu saja, yakni Terminal Ciledug di Kabupaten Cirebon.

Di Kabupaten Cirebon Masih ada dua terminal tipe B milik Provinsi Jawa Barat, yakni Terminal Losari dan Terminal Sumber. Daddy mempertanyakan kapan Terminal Losari dan Terminal Sumber akan dibangun.

“Kapankah kedua terminal itu akan dibangun? Mari kita tunggu kebijakan Gubernur dan para anggota DPRD Provinsi Jawa Barat hasil Pemilu 2024,” ungkap Daddy yang juga Wakil Ketua Fraksi Gerindra ini.

Daddy menambahkan, Terminal Ciledug yang baru dibangun ini tergolong mewah. “Bahkan, Gubernur Ridwan Kamil sempat berseloroh bahwa Terminal Ciledug layaknya bangunan mall. Terminal Ciledug jauh dari kesan kumuh dan bau. Hal itu bisa dimaklumi mengingat Terminal Ciledug merupakan satu-satunya dari 14 terminal milik Pemprov Jabar yang kualitasnya paling megah,” kata Daddy menirukan Gubernur Jawa Barat kepada Infoinfrastruktur.com, Kamis (20/07/2023).

Dijelaskannya, ada tiga unsur yang terkait terminal, yakni penumpang, pemerintah, dan operator angkutan umum. Penumpang jelas merupakan mereka yang memanfaatkan fungsi terminal. Terminal Ciledug tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh warga Kecamatan Ciledug. Warga kecamatan lain di wilayah Cirebon Timur pun akan dapat memanfaatkan terminal yang letaknya tidak jauh dari gerbang tol Ciledug arah Jawa Tengah tersebut.

Warga Kecamatan Pabedilan, Kecamatan Babakan, Kecamatan Losari pun bisa bepergian melalui Terminal Ciledug. Bahkan, sebagian warga Jawa Tengah bagian barat, semisal Kabupaten Brebes, pun dapat dapat melakukan hal yang sama.

“Terminal Ciledug secara nyata akan memperlancar perpindahan orang dari dan ke wilayah tersebut. Terminal Ciledug diharapkan menjadi salah satu pengungkit roda perekonomian di wilayah Kabupaten Cirebon dan sekitarnya dan Provinsi Jawa Barat pada umumnya. Dengan demikian, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Cirebon dan Jawa Barat pun diharapkan akan meningkat pula,” harap Daddy. (Gins)

dibaca oleh 11,764 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*