Tingkatkan Kemantapan Jalan, PPK 3.1 Jawa Barat Rehabilitasi Jalan Ruas Cilaki-Rancabuaya-Cijayana

Space Iklan

PPK 3.1 Provinsi Jawa Barat melaksanakan Pekerjaan Rehabilitasi Minor Jalan di Ruas Jalan Cilaki-Rancabuaya-Cijayana untuk menjaga kemantapan jalan di wilayah pantai selatan Jawa Barat. (Foto: Ist)

Garut, Infoinfrastruktur.com – Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus meningkatkan kemantapan jalan nasional di seluruh Indonesia. Di wilayah Provinsi Jawa Barat, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) DKI Jakarta – Jawa Barat juga terus meningkatkan kemantapan jalan nasional yang panjangnya 1.783 km.

Menurut informasi Neraca Dataset – Kemantapan Jalan Nasional dari Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, tingkat kemantapan jalan nasional di wilayah Jawa Barat pada tahun 2023 mencapai 97,98% kondisi mantap (1.747 km) dan tidak mantap 2,02% (36 km).

Untuk meningkatkan kemantapan jalan nasional ini, Satuan Kerja PJN Wilayah III Provinsi Jawa Barat melalui PPK 3.1 Provinsi Jawa Barat pada tahun 2024 melaksanakan Preservasi Ruas Jalan Cilaki-Rancabuaya-Cijayana.

“Pekerjaan Rehabilitasi Minor Jalan di Ruas Jalan Cilaki-Rancabuaya-Cijayana, Kabupaten Garut dilaksanakan dengan melapis ulang aspal type AC-WC,” kata  PPK 3.1 Provinsi Jawa Barat Clara A G Simatupang kepada Infoinfrastruktur.com, Rabu (5/7/2024).

Rehabilitasi Minor Jalan di Ruas Jalan Cilaki-Rancabuaya-Cijayana merupakan bagian dari pekerjaan Preservasi Rehabilitasi dan Berkala Jembatan Cidaun – Pameungpeuk – Cipatujah.

“Dengan terselesaikannya pekerjaan ini diharapkan kemantapan jalan di ruas pantai selatan Jawa Barat terus terjaga dan dapat mendukung perkembangan pariwisata Jawa Barat,” ungkap Clara.

PPK 3.1 Provinsi Jawa Barat melaksanakan Pekerjaan Rehabilitasi Minor Jalan di Ruas Jalan Cilaki-Rancabuaya-Cijayana untuk menjaga kemantapan jalan  di wilayah pantai selatan Jawa Barat. (Foto: Ist)

Objek Wisata

Kemajuan pariwisata di wilayah selatan Kabupaten Garut sangat dibantu dengan akses jalan yang mantap. Ada beberapa objek wisata pantai yang banyak dikunjungi di wilayah selatan Kabupaten Garut.  

Pantai Santolo, di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut memiliki keindahan  pantai yang terhampar luas dengan pasir pantainya yang halus.

Pantai Sayang Heulang di Cijambe, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut  pantai yang indah dengan batuan karang. Pantai Karang Papak di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut masih asri dan memiliki hamparan pasir putih.

Selanjutnya Pantai Karang Paranje di Desa Karyasari, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut yang memiliki kemiripan wisata Tanah Lot di Pulau Bali. Di sekitar Karang Paranje terdapat sebuah tebing yang ada gazebonya dan mirip seperti Tanah Lot Bali.

Keindahan alam lainnya juga dapat dinikmati di Pantai Rancabuaya, Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut.

Kemudian di Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut juga ada objek wisata Pantai Sancang yang memiliki cerita legenda yang berkaitan dengan Prabu Siliwangi dan putranya Raden Kiansantang.

Pantai Citanggeuleuk di Kampung Citanggeuleuk, Desa Karangwangi, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut memiliki pemandangan berupa bukit yang eksotis menjadi pemandangan utamanya. Pasirnya berwarna kecokelatan dan cukup landai, dapat dimanfaatkan untuk bermain air atau bersantai sambil menikmati angin laut yang khas.

Hamparan pasir putih kecokelatan juga menjadi daya tarik Pantai Cijayana di Desa Cijayana, Kecamatan Bungbulang, Garut.

Di Pantai Sodong Lalay, Kampung Cigoa, Desa Karangwangi, Kecamatan Mekarmukti, Garut banyak ditemukan burung walet yang tinggal di dalam goa-goa kecil sekitar pantai. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang berwarna hitam, dan batuan karang pun ikut menghiasi di sekitar pantainya.

Untuk menikmati pemandangan karang, Pantai Cicalobak yang berada di Desa Mekarsari, Kabupaten Garut memiliki gugusan karang di sepanjang pantainya. Karang tersebut menjadi spot untuk berfoto.

Di Kampung Mekar Bakti, Desa Ranca, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut juga terdapat Pantai Karang Papak yang memiliki hamparan pasir putih yang lembut. Pantai Karang Papak juga memiliki hamparan karang yang rata, dan dihiasi pula dengan rumput hijaunya. (Gin)

dibaca oleh 1,634 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*