Dedi Supandi: SMKN 1 Mundu Satu-Satunya Sekolah Jadi Anggota IMO

Space Iklan

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar) Dedi Supandi bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Bunda Literasi Atalia Praratya memanen ikan dan Udang Vename di kolam ikan Kampus 2 SMKN 1 Mundu. (Foto: Disdik Jabar)

CIREBON, INFOINFRASTRUKTUR.COMSMKN 1 Mundu menjadi satu-satunya sekolah di Jawa Barat (Jabar) yang telah tersertifikasi dan menjadi anggota International Maritime Organization (IMO).

Sekolah tersebut memiliki kewenangan untuk melakukan pendidikan latihan (diklat) kemaritiman dan keselamatan di air. “Ini bisa dimanfaatkan untuk melatih kakak-kakak pembina Pramuka dalam pelatihan safety kegiatan di air,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar) Dedi Supandi di sela-sela panen ikan di SMKN 1 Mundu, Cirebon, Jumat (4/2/2022).

Kadisdik Jabar bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Bunda Literasi Atalia Praratya memanen ikan dan Udang Vename di kolam ikan Kampus 2 SMKN 1 Mundu, Blok Mertasinga Desa Grogol, Kabupaten Cirebon.

Dalam kesempatan tersebut, Kadisdik Jabar bersama Gubernur Ridwan Kamil dan Atalia juga meninjau gedung Ruang Praktik Siswa (RPS) SMKN I Mundu sebagai ruang penelitian penyakit ikan, pembuatan aquascape, dan budi daya ikan hias.

Kadisdik Jabar bersama Gubernur Ridwan Kamil dan Atalia juga meninjau gedung Ruang Praktik Siswa (RPS) SMKN I Mundu sebagai ruang penelitian penyakit ikan, pembuatan aquascape, dan budi daya ikan hias. (Foto: Disdik Jabar)

Di Kampus 2 SMKN 1 Mundu juga terdapat bioflok sebagai teknologi budi daya ikan, pembuatan pakan serta gedung pascapanen. Kampus ini dikelilingi tujuh kolam ikan.

Gubernur Jabar pun mengapresiasi program kemaritiman di SMKN 1 Mundu. Usaha tersebut dinilai sebagai persiapan SMK menghadapi ekonomi maritim di wilayah Segitiga Rebana.

“Akan hadir 4 juta lapangan pekerjaan dengan 13 kota industry. Salah satunya berbasis maritim di Patimban. Sehingga, SMKN 1 Mundu ini kami siapkan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan,” ujar Gubernur. (Bill)

dibaca oleh 1,184 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*