Kadisdik Jabar Beri Semangat Kontingen Indonesia di International Geography Olympiade

Space Iklan

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Wahyu Mijaya. (Foto: Disdik Jabar)

Bandung, Infoinfrastruktur.com – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar) Wahyu Mijaya memberikan semangat kepada kontingen Indonesia di ajang International Geography Olympiade (IGEO) Tahun 2023.

“Berikan yang terbaik, semoga mendapat keberhasilan yang diharapkan,” ucap Kadisdik Jabar.

Pelajar perwakilan Indonesia di IGEO 2023 yaitu Fikri Ghifari Hanifah siswa SMAS Pribadi Kota Bandung, Mikhaila Rainissa Nugroho (SMAN 3 Bogor), Fiona Zhang (SMA Kristen Petra 1 Surabaya), dan Dimas Dwi Rachmat Susilo (SMA Al Kautsar Bandar Lampung).

Ajang internasional ini dibuka oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi  (Mendikbud-Ristek) Indonesia Nadiem Makarim  di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Selasa (8/8/2023).

Nadiem menuturkan, IGEO adalah cerminan dari Merdeka Belajar. “Merdeka belajar adalah yang kalian lakukan sekarang. Belajar bukan tentang akademis, bukan hanya teori di kelas. Tetapi, keluar kelas dan praktik dengan project nyata serta berinteraksi dengan orang-orang dengan beragam budaya,” tuturnya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebut, mempelajari geografi adalah mempelajari ruang hidup. “Semoga lebih bijaksana terhadap alam dan mendapatkan pengetahuan baru dengan budaya lain,” ujarnya.

Jawa Barat menjadi tuan rumah Olimpiade Geografi Internasional atau International Geography Olympiad ke-19. IGEO yang diikuti 177 siswa setingkat SMU dari 46 negara itu akan berlangsung dari tanggal 8-14 Agustus 2023 di Kota Bandung.

Para kontingen yang merupakan siswa terbaik di negaranya akan berkompetisi menguji pengetahuan dan keterampilan geografi mereka melalui tes geografi tertulis, multimedia, dan lapangan.

Dipercaya menjadi tuan rumah, Gubernur Jabar Ridwan Kamil berkomitmen memberikan yang terbaik bagi peserta karena tahun ini iGeo akan memberikan pengalaman berbeda bagi peserta.

“Terima kasih sudah memilih Jabar jadi tuan rumah, kami siap memberikan yang terbaik,” ujar Ridwan Kamil.

IGEO merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek yang tahun ini bekerja sama dengan Pemda Provinsi Jabar. (Bill)

dibaca oleh 628 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*