Dinas Perkebunan Jawa Barat Bangun Jalan Usaha Tani Mandalasari dengan Perkerasan Beton

Space Iklan

Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat Ir. H. Jafar Ismail, M.M. melaksanakan kunjungan untuk mengevaluasi pembangunan Jalan Usaha Tani di Desa Mandalasari. (Foto: Disbun Jabar)

Bandung, Infoinfrastruktur.com – Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat pada tahun 2023 membangun Jalan Usaha Tani dengan perkerasan beton di Desa Mandalasari, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung.

Untuk mengevaluasi hasil pembangunan Jalan Usaha Tani tersebut, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat Ir. H. Jafar Ismail, M.M. melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Mandalasari, Rabu (09/08/2023).

Kunjungan kerja Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat yang didampingi Kepala Bidang Pengembangan dan Perlindungan Perkebunan Ir. H. Fajar Abdillah, S.Hut., M.A.P., IPU. dan jajarannya disambut oleh Ketua DPC APTI Kabupaten Bandung dan Ketua Kelompok Tani Mandala Mekar Rahayu dengan gembira.

Didampingi Ketua DPC APTI Kabupaten Bandung dan Ketua Kelompok Tani Mandala Mekar Rahayu, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Jafar Ismail dan jajarannya langsung meninjau pembangunan Jalan Usaha Tani yang telah selesai dikerjakan.

Hasil pembangunan Jalan Usaha Tani dengan perkerasan beton di Desa Mandalasari. (Foto: Disbun Jabar)

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat berharap Jalan Usaha Tani ini dapat mendukung peningkatan usaha para petani tembakau yang ada di Desa Mandalasari.

“Jalan Usaha Tani dibangun dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT). Semoga Jalan Usaha Tani ini dapat meningkatkan mobilisasi kegiatan para petani tembakau di sini”, katanya.

Jafar menambahkan, Jalan Usaha Tani dibangun untuk memperlancar pengangkutan sarana produksi dan mengangkut hasil produk pertanian, hortikultura, dan perkebunan.

Adapaun hasil dari evaluasi pembangunan Jalan Usaha Tani di Desa Mandalasari adalah Jalan Usaha Tani dibangun sudah sesuai dengan standar teknis pembuatan jalan baru.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat Ir. H. Jafar Ismail, M.M. didampingi Kepala Bidang Pengembangan dan Perlindungan Perkebunan Ir. H. Fajar Abdillah, S.Hut., M.A.P., IPU. melihat kebun tembakau yang tumbuh subur di Desa Mandalasari. (Foto: Disbun Jabar)

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat mengharapkan Kelompok Tani Mandala Mekar Rahayu, bersedia untuk melakukan perawatan atau pemeliharaan Jalan Usaha Tani ini secara swadaya.

Selain di Kabupaten Bandung, kata Fajar Abdillah, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat pada tahun anggaran 2023 melaksanakan pembangunan Jalan Usaha Tani di Kabupaten Bandung Barat, Cianjur, Garut, Majalengka, Subang, dan Sumedang.

Adapun ukuran Jalan Usaha Tani yang dibangun di Desa Mandalasari yaitu panjang 160 meter, lebar 2,5 meter, dan tebal 0,15 meter. “Jalan Usaha Tani ini dibangun dengan perkerasan beton,” jelas Fajar.

Ketua Kelompok Tani Mandala Mekar Rahayu, Aep Wahyudin menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat yang telah memfasilitasi pembangunan Jalan Usaha Tani di kelompoknya.

“Prasarana infrastruktur Jalan Usaha Tani akan memudahkan para petani tembakau untuk mengangkut hasil tani,” katanya.

Selain meninjau Jalan Usaha Tani, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat juga melihat kebun tembakau yang tumbuh subur di bawah kaki pengunungan di Desa Mandalasari.

Di Kelompok Tani Mandala Mekar Rahayu ini, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat juga berkesempatan meninjau pembenihan 6 varietas tembakau pola tray yang dikembangkan oleh petani. (Gin)

dibaca oleh 3,989 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*