Kementerian PUPR Alokasikan Dana Inpres Jalan Daerah Rp1,2 Triliun di Jawa Barat

Space Iklan

Pertemuan Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (28/2/2024). (Foto: Biro Adpim)

Bandung, Infoinfrastrukur.com – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Taufiq Budi Santoso mengungkapkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan dana Inpres Jalan Daerah sebesar Rp1,2 triliun di Jawa Barat pada tahun anggaran 2024.

“Alhamdulillah, tahun 2024 ini kita akan mendapatkan alokasi untuk penanganan jalan, inpres jalan provinsi sebesar Rp1,2 triliun,” ungkap Taufiq di Kota Bandung, Kamis (29/2/2024).

“Ini hal yang penting karena dari total Inpres Jalan Daerah secara nasional itu Rp12 triliun dan Rp1,2 triliun-nya untuk Jabar. Ini sesuatu yang membanggakan buat kita semua,” kata Taufiq.

Dijelaskan Taufiq, pertemuan Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (28/2/2024), menghasilkan alokasi Inpres Jalan Daerah sebesar Rp1,2 triliun.

Melalui Inpres jalan daerah tersebut, tegas Penjabat Sekda, Kementerian PUPR memastikan akan ada peningkatan anggaran bagi perbaikan jalan provinsi hingga kabupaten /kota di Jabar.

Selain itu, pembangunan Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) juga disepakati dapat dimulai. “Insyaallah di Bandung, terutama kita akan bersama-sama membangun konektivitas yang lebih kuat. Kita akan menyiapkan bersama pemerintah pusat, Kementerian Perhubungan, Bappenas untuk pengembangan Perkeretaapian Metropolitan Bandung,” kata Taufiq.

“Kemudian program BIUTR juga akan dilanjutkan. Kemarin sudah disepakati dengan Bapak Menteri PUPR ini akan meningkatkan kualitas infrastruktur kita, juga meningkatkan daya saing Jawa Barat ke depan,” imbuhnya.

Selanjutnya ada pula inpres air minum dan pengelolaan air limbah yang bisa dimanfaatkan Provinsi Jabar.

Tak kalah penting, tambah Taufiq, turut dibahas rencana perbaikan dan peningkatan jalan tambang di Parung Panjang, Kabupaten Bogor yang segera dilakukan tahun ini.

Rencana pembangunan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) juga diharapkan segera terealisasi pembangunannya. (Gin)

dibaca oleh 9,493 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*