Kepala BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat Sjofva Rosliansjah Monitor Pembangunan 15 Jembatan di Pansela

Space Iklan

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Sjofva Rosliansjah melaksanakan monitoring dan evaluasi pembangunan jembatan di ruas Pansela Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

Bandung, Infoinfrastruktur.com – Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Sjofva Rosliansjah melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) kesiapan jalur Lebaran 2024 dengan melakukan pengecekan ruas jalan dan jembatan di sepanjang Pantai Selatan (Pansela) Jawa Barat.

Kegiatan Monev ruas Pansela ini berlangsung selama tiga hari, tanggal 19-21 Maret 2024. Dalam kegiatan tersebut,  Sjofva Rosliansjah didampingi Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Agung Yudhianto dan Kepala Bidang Preservasi Wilayah II Jawa Barat Robert Himawan Hamiseno, PPK 2.3 Provinsi Jawa Barat R. Fajar Komara, PPK 3.2 Provinsi Jawa Barat Rozatul Farid,  PPK 3.1 Provinsi Jawa Barat Clara Agustina Glarasosa.

Pelaksanaan monev juga dilakukan terhadap pembangunan 15 (lima belas) jembatan di ruas Pansela Jawa Barat. adapun lima belas  pembangunan jembatan tersebut antara lain sembilan jembatan dikerjakan oleh PPK 2.3 Provinsi Jawa Barat yang masuk pada paket pekerjaan penggantian jembatan Cibareno (CS) dengan jenis penanganannya adalah Duplikasi, yaitu Jembatan Cibareno (44 meter), Jembatan Cisolok (40 meter), Jembatan Cibalandongan (22 meter), Jembatan Cibugel (40 meter), Jembatan Cibabi (8,4 meter), Jembatan Cibatu (16 meter), Jembatan Cileuleuy (10 meter), Jembatan Cigodong (16 meter), dan Jembatan Ciujung (122 meter).

Sedangkan penggantian enam jembatan lainnya dikerjakan oleh PPK 3.2 Provinsi Jawa Barat yang masuk pada paket penggantian jembatan Cilangla (CS) dan Jembatan Ciwulan dengan jenis penanganan yang sama dengan sebelumnya yaitu Duplikasi. Keenam jembatan tersebut adalah Jembatan Cilangla (127 meter), Jembatan Cimedang (139,5 meter), Jembatan Cibening (74 meter), Jembatan Ciawi II (35,7 meter), Jembatan Cikawung (52 meter), dan Jembatan Ciwulan (154,75 meter).

Selama pengerjaan jembatan tersebut, dilaksanakan manajemen dan rekayasa lalu lintas untuk meningkatkan kinerja lalu lintas pada masa konstruksi di sekitar kegiatan penggantian Jembatan Cibareno (CS), Jembatan Cilangla (CS) dan Ciwulan antara lain yaitu pemasangan rambu-rambu peringatan di lokasi jembatan, penertiban hambatan samping, dan melakukan pemagaran di sekitar lokasi penggantian jembatan-jembatan tersebut.

Kegiatan Monev ruas Pansela yang berlangsung selama tiga hari ini diawali dengan pengecekan preservasi ruas jalan nasional di PPK 2.1 Provinsi Jawa Barat, Satuan Kerja PJN Wilayah II Provinsi Jawa Barat. Di ruas jalan tersebut terdapat pekerjaan penggantian jembatan Cipamuruyan di Desa Cipamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Penggantian tersebut dilakukan karena terjadinya longsoran yang mengakibatkan pasangan batu dan trotoar jembatan sisi kiri-barat amblas akibat curah hujan yang tinggi pada Desember tahun 2022 lalu.

Jembatan Cikereteg yang baru selesai diperbaiki oleh PPK 5.3 Provinsi Jawa Barat juga didatangi Kepala Balai dan rombongan guna dilakukan pengecekan strukturnya pasca difungsionalkan secara total pada bulan Oktober 2023 lalu. Sebelumnya dilakukan buka tutup akibat mengalami longsor dikarenakan tingginya intensitas hujan di wilayah tersebut pada bulan Februari 2023. (Gin)

dibaca oleh 1,902 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*