Tingkatkan Kemantapan Jalan, PPK 2.1 Jabar Preservasi Jalan Ruas Batas Kota Sukabumi – Gekbrong

Space Iklan

PPK 2.1 Provinsi Jawa Barat pada tahun 2024 melaksanakan Rekonstruksi Jalan Ruas Bts. Kota Sukabumi - Gekbrong sepanjang 3,5 km. (Foto: Istimewa)

Sukabumi, Infoinfrastruktur.com – Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus meningkatkan kemantapan jalan nasional di seluruh Indonesia. Di wilayah Provinsi Jawa Barat, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) DKI Jakarta – Jawa Barat juga terus meningkatkan kemantapan jalan nasional yang panjangnya 1.783 km.

Berdasarkan informasi Neraca Dataset – Kemantapan Jalan Nasional dari Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, tingkat kemantapan jalan nasional di wilayah Jawa Barat pada tahun 2023 mencapai 97,98% kondisi mantap (1.747 km) dan tidak mantap 2,02% (36 km).

Untuk meningkatkan kemantapan jalan nasional ini, Satuan Kerja PJN Wilayah II Provinsi Jawa Barat melalui PPK 2.1 Provinsi Jawa Barat pada tahun 2024 melaksanakan Preservasi Jalan Benda – Sukabumi – Rajamandala. Preservsi jalan ini dilakukan di Ruas Bts. Kota Sukabumi – Gekbrong sepanjang 3,5 km dengan perkerasan rigid (beton). 

Skema rekayasa lalu lintas dan jalur alternatif telah disiapkan untuk menghindari kepadatan lalu lintas selama pekerjaan Rekonstruksi Jalan Ruas Bts. Kota Sukabumi – Gekbrong. (Foto: Istimewa)

“Kali ini jalan nasional di Sukabumi yang akan ditingkatkan kemantapan dan kenyamanannya. PPK 2.1 Provinsi Jawa Barat pada bulan Juni 2024 memulai pekerjaan Preservasi Jalan untuk Ruas Bts. Kota Sukabumi – Gekbrong sepanjang 3,5 Km yang terbagi menjadi beberapa spot penanganan dan ditargetkan rampung pada 15 Agustus 2024,” kata PPK 2.1 Jawa Barat Santoso kepada Infoinfrstruktur.com, Selasa (25/6/2024).

Dijelaskan Santoso, pekerjaan preservasi jalan ini dilaksanakan dengan memperbaiki badan jalan melalui perkerasan beton dengan tahapan pelaksanaan mulai dari pembongkaran Perkerasan Beton, Penyiapan Badan Jalan, Lapis Pondasi Beton Kurus dan Penghamparan Beton Fast Track dengan bukaan lalu lintas 1-3 hari.

PPK 2.1 Jawa Barat juga mengimbau para pengguna jalan yang melintasi ruas jalan tersebut mohon agar mengikuti rambu dan arahan dari para petugas di lapangan.

“Selama pekerjaan preservasi akan dilaksanakan skema rekayasa lalu lintas dan untuk menghindari kepadatan lalu lintas akibat pekerjaan yang kami laksanakan, beberapa jalur alternatif telah disiapkan melalui Tugu Macan Sukalarang-Jl Semplak Cirumput – Simpang Nenggeng – Jl Kekenceng Kidul – Jl Kp Tugu Sukaraja,” ungkap Santoso.

Preservasi Jalan Benda – Sukabumi – Rajamandala ini dikerjakan oleh penyedia jasa PT. Modern Widya Tehnical. (Gin)

dibaca oleh 1,956 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*