Dibangun Kementerian PUPR, Bupati Sumedang Tinjau Jalan Lingkar Utara Jatigede

Space Iklan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sedang membangun Jalan Lingkar Utara Jatigede, Kabupaten Sumedang. (Foto: Hms Sumedang)

Sumedang, InfoInfrastruktur.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun Jalan Lingkar Utara Jatigede di sekitar Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pembangunan jalan lingkar ini untuk menunjang Waduk Jatigede sebagai kawasan wisata tingkat dunia.

Untuk mengetahui progress pembangunan jalan lingkar tersebut, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meninjau langsung pembangunan Jalan Lingkar Utara, Senin sore (15/6/2020).

Menurut Bupati Dony, jalan ini dibangun menggunakan anggaran dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR sebesar Rp 27 miliar.

Jalan yang dibangun sepanjang 3,8 Km ini, dimulai dibangun dari titik nol di Kampung Eretan, Desa Kadujaya, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang hingga Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir berdiri di samping plang proyek pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede. (Foto: Hms Sumedang)

“Awalnya anggaran dari Kementrian PUPR untuk pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede ini Rp38 miliar, namun karena pandemi Covid-19 alokasinya terpangkas jadi Rp 27 miliar,” kata Dony.

Dony menambahkan, pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede ini adalah bentuk ikhtiar Pemda Sumedang menjadikan Jatigede sebagai kawasan wisata tingkat dunia di mana akses jalannya terpenuhi.

“Apa yang kami sampaikan kepada Pak Menteri (Menteri PUPR) membuahkan hasil, yaitu supaya Jalan Lingkar Utara ini bisa secepatnya dibangun untuk mempermudah akses masyarakat di daerah Jatigede,” ucapnya.

Pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede rencananya akan diteruskan hingga ke Pasiringkik Desa Cinangsi, Kecamatan Cisitu. Bupati berpesan kepada pelaksana pembangunan agar membangun jalan dengan kualitas yang baik, sehingga Jatigede layak menjadi kawasan wisata tingkat dunia.

“Mohon doanya mudah-mudahan Jalan Lingkar Utara ini segera beres, sehingga bisa menghasilkan pengingkatan, pendapatan, pada masyarakat bisa menggerakan roda ekonomi, yang pada akhirnya akan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Sumedang,” kata Bupati. (Mbayak Ginting)

dibaca oleh 1,801 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*