Wakil Bupati Sumedang Instruksikan Dinas Lingkungan Hidup Tanam Pohon Kelapa di Pesisir Waduk Jatigede

Space Iklan

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan melaksanakan penanaman pohon bersama Coca-Cola Amatil Indonesia di pesisir Wado, Kabupaten Sumedang. (Foto: Hms Sumedang)

Sumedang, InfoInfrastruktur.com – Wakil Bupati (Wabup) Sumedang Erwan Setiawan akan menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk menanam pohon kelapa di sepanjang pesisir Waduk Jatigede.

Selain menghasilkan komoditas yang produktif dan mendatangkan penghasilan buat warga, pohon kelapa bisa menjadi penyejuk kawasan pesisir Waduk Jatigede dari cuaca yang panas.

Erwan mengatakan, dengan adanya waduk, berimbas pada kenaikan suhu di kawasan pesisir Jatigede. Dengan demikian, perlu ada upaya untuk menangkal cuaca panas tersebut.

Lanjut Wabup, Salah satunya menanam pohon produktif seperti pohon kelapa. Penanaman pohon jangan hanya dilakukan oleh pihak pemerintah, melainkan juga oleh masyarakat setempat yang ada di wilayah penyangga Jatigede.

“Seperti suhu di Wado begitu panas, maka dengan ditanamnya pohon akan jadi penyejuk, tidak gersang khususnya untuk warga Wado,” ujar Erwan, saat melaksanakan penanaman pohon bersama Coca-Cola Amatil Indonesia di pesisir Wado, Selasa (16/6/2020).

Erwan menggambarkan, setelah wilayah pesisir banyak tertanam pohon seperti pohon kelapa, maka begitu wilayah Waduk Jatigede jadi destinasi wisata, tidak akan ada keluhan dari pengunjung karena suhu yang panas. Warga juga harus dapat menjaga lingkungan di  Jatigede agar bermanfaat lama.

Selain itu, kata Wabup, penanaman pohon yang dilakukan oleh kelompok, lembaga atau lainnya jangan hanya jadi simbolis saja. Tapi harus diikuti dengan perawatannya oleh warga sehingga pohon yang ditanam bisa bermanfaat bagi semua.

“Saya akan cek (hasil tanam pohon) setiap saat.  Karena kegiatan-kegiatan tanam pohon jangan dijadikan simbolis saja,” ucap Erwan. (Mbayak Ginting)

dibaca oleh 1,591 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*