Tingkatkan Kompetensi Siswa, Kadisdik Jabar Luncurkan Kelas Industri SMK di Bekasi

Space Iklan

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi membuka acara “Bekasi Job Fair dan Education Fair” di Harris Convention Hall Summarecon, Kota Bekasi, Rabu (9/3/2022). (Foto: Disdik Jabar)

BEKASI, INFOINFRASTRUKTUR.COM – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar) Dedi Supandi meluncurkan kelas industri di beberapa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota Bekasi.

Peluncuran ini dilakukan dalam acara “Bekasi Job Fair dan Education Fair” yang dibuka Kadisdik Jabar Dedi Supandi di Harris Convention Hall Summarecon, Kota Bekasi, Rabu (9/3/2022).

Kadisdik menegaskan, program kelas industry tersebut merupakan upaya Disdik Jabar melalui SMK untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi siswa sebagai bekal setelah lulus nanti.

Selain itu, ungkap Dedi Supandi, tidak kurang ada enam program yang digalakkan Disdik Jabar untuk SMK. Di antaranya, peluncuran kurikulum vokasi bisnis dan pemasaran, program Sekolah Pencetak Wirausaha, SMK Membangun Desa, peluncuran 12 program keahlian baru, SMK BLUD, dan peluncuran aplikasi Telusur.

Kadisdik berharap seluruh siswa mampu menjadi generasi emas untuk menyongsong Indonesia emas pada 2045. Salah satu hal yang harus dimiliki untuk menuju hal tersebut adalah meleknya siswa pada literasi keuangan.

Ditambahkan Kadisdik, kegiatan “Bekasi Job Fair dan Education Fair” ini bertujuan memberikan wadah informasi kepada siswa seputar masa depan yang akan dipilih, baik untuk melanjutkan pendidikan, bekerja ataupun berwirausaha.

“Informasi tersebut diharapkan mampu mendorong keinginan dan cita-cita siswa sehingga dapat menentukan arah masa depannya,” ungkap Dedi Supandi.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Wilayah III Asep Sudarsono menjelaskan,  kegiatan “Bekasi Job Fair dan Education Fair” tersebut bertujuan memberikan informasi kepada siswa. Sebab, tidak sedikit siswa hanya memiliki pilihan terbatas karena kekurangan informasi.

“Nah, hari ini kami kumpulkan perguruan tinggi dan industri untuk memberikan informasi sejelas mungkin agar mereka tidak salah arah karena disesuaikan dengan bakat dan minat yang mereka miliki,” kata Asep.

Siswa SMKN 10 Bekasi, Zahir Adnani mengaku mendapat banyak manfaat dari kegiatan tersebut. Salah satunya, ia mengetahui inovasi dan produk unggulan SMK.

“Acaranya bagus. Kita jadi tahu, sesama SMK, satu sama lain apa yang diproduksi dan promosi juga apa yang kita miliki,” ungkap siswa kompetensi keahlian mekatronika tersebut.

Kegiatan tersebut menghadirkan belasan perguruan tinggi, dunia usaha dunia industri serta memamerkan belasan karya inovasi siswa SMK di Kota Bekasi.

Acara ini juga dihadiri Bunda Literasi Jabar Atalia Praratya yang memberikan materi tentang literasi keuangan bagi siswa.

Kegiatan “Bekasi Job Fair dan Education Fair” ini diprakarsai Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III ini. (Bill)

dibaca oleh 1,805 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*