Mantap Layani Masyarakat, BBPJN DKI Jakarta – Jawa Barat Selalu Jaga Kondisi Jalan Nasional

Space Iklan

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta – Jawa Barat melaksanakan preservasi jalan setiap tahun untuk menjaga kemantapan jalan nasional. (FOTO: INFOINFRASTRUKTUR.COM)

BANDUNG, INFOINFRASTRUKTUR.COM – Kepala Bidang Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur Jalan Nasional (KPIJ) Balai Besar Pelaksanaan Jalan (BBPJN) DKI Jakarta – Jawa Barat Nunu Nugraha menyampaikan, kesiapan jalan nasional selalu dijaga kondisinya agar selalu mantap untuk melayani masyarakat.

Penjagaan kondisi jalan nasional ini tidak hanya dilakukan pada hari-hari besar, tetapi dalam program preservasi jalan dilaksanakan setiap tahun melalui skema long segmen.

Nunu menjelaskan, berdasarkan data dari Bidang KPIJ per Desember tahun 2021, ruas jalan nasional yang berada di bawah kewenangan BBPJN DKI Jakarta – Jawa Barat sepanjang 1.796,53 Km, dengan status kondisi kemantapan saat ini 94,53% mantap.

Dari total panjang ruas jalan nasional tersebut, terbagi atas Jalan Lintas Utara Jawa Barat sepanjang 277.41 Km (mantap 93.51%), Jalan Lintas Selatan Jawa Barat sepanjang 416.16 Km (mantap 92.62%), Jalan Penghubung Lintas sepanjang 521.04 Km (mantap 94.88%), Jalan Non Lintas sepanjang 199.23 Km (mantap 96.12%), dan Jalan Lintas Tengah sepanjang 382.6 Km (mantap 95.96%).

Lanjut Nunu memaparkan, ruas jalan nasional di Jawa Barat yang berada di bawah kewenangan BBPJN DKI Jakarta – Jawa Barat secara umum pemeliharaan dan perawatannya sudah diberikan kewenangan dan tanggung jawab kepada para Satuan Kerja.

Untuk di ruas Jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa Barat sepanjang 322,75 Km penanganannya di PJN Wilayah I, untuk ruas wilayah metropolitan Bandung hingga Ciamis sepanjang 325,70 Km penanganannya di PJN Wilayah IV, dan ruas wilayah dari Ciawi hingga Depok sepanjang 221,06 Km penanganannya di PJN Wilayah V. Masing-masing Satker tersebut berada di bawah koordinasi Bidang Preservasi I BBPJN DKI Jakarta – Jawa Barat.

Sedangkan untuk kemantapan ruas jalan nasional yang berada di wilayah selatan Jawa Barat, BBPJN DKI Jakarta – Jawa Barat memberikan kewenangan pemeliharaannya kepada Satker PJN II yang menangani ruas dari Soreang hingga Rajamandala sepanjang 433,20 Km, Satker PJN Wilayah III menangani ruas sepanjang 396,69 Km mulai dari Cidaun hingga Cirebon, dan Satker SKPD Provinsi Jawa Barat dengan total ruas penanganan 97,04 Km mulai dari Rajamandala sampai Cikampek. Semua Satker ini berada di bawah koordinasi Bidang Preservasi II BBPJN DKI Jakarta – Jawa Barat.

Dengan kondisi jalan mantap di semua ruas jalan nasional BBPJN DKI Jakarta – Jawa Barat saat ini, Nunu berharap kepada para pengendara yang melintas agar tetap menjaga keselamatan di perjalanan dan tetap aktif memberikan informasi kondisi jalan sebagai bentuk rasa memiliki atas keberadaan jalan nasional. (Gins)

dibaca oleh 5,069 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*