PPK 3.1 Jawa Barat Laksanakan Pemeliharaan Rutin Jalan Pamengpeuk- Cikaengan

Space Iklan

PPK 3.1 Provinsi Jawa Barat terus melaksanakan pemeliharaan rutin jalan untuk Ruas Pamengpeuk- Cikaengan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

Garut, Infoinfrastruktur.com – Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah III Provinsi Jawa Barat melalui PPK 3.1 Provinsi Jawa Barat terus melaksanakan pemeliharaan rutin jalan. Kali ini pemeliharaan rutin untuk Ruas Jalan Pamengpeuk- Cikaengan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

“Pemeliharaan rutin jalan di Ruas Pamengpeuk- Cikaengan ini dilakukan dengan menyisir lubang jalan dan melaksanakan penambalan (patching) jalan menggunakan Campuran Aspal Panas (CAP),” kata PPK 3.1 Provinsi Jawa Barat Clara A G Simatupang, Senin (18/09/2023).

PPK 3.1 Provinsi Jawa Barat terus melaksanakan pemeliharaan rutin jalan untuk Ruas Pamengpeuk- Cikaengan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

Clara menambahkan, pemeliharaan rutin jalan ini dilakukan untuk menjaga kemantapan jalan di Ruas Pamengpeuk- Cikaengan yang berada di ruas pantai selatan Jawa Barat yang terkenal dengan keindahannya.

Dijelaskan Clara, pemeliharaan rutin jalan ini merupakan bagian dari Pekerjaan Preservasi Jalan Cidaun – Pamengpeuk – Cipatujah yang menjadi wilayah kerja PPK 3.1 Provinsi Jawa Barat.

“Dengan pelaksanaan pemeliharaan rutin jalan, kemantapan ruas PPK 3.1 yang menjadi bagian ruas pantai selatan Jawa Barat terus terjaga,” ujarnya.

PPK 3.1 Provinsi Jawa Barat terus melaksanakan pemeliharaan rutin jalan untuk Ruas Pamengpeuk- Cikaengan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

Sebelumnya, PPK 3.1 Provinsi Jawa Barat juga telah melaksanakan Rehabilitasi Mayor Ruas Jalan Ruas Cilaki – Rancabuaya – Cijayana sepanjang 200 meter. Rehabilitasi ini dilakukan dengan melapis badan jalan dengan 3 jenis lapis aspal, diawali AC – Base kemudian AC-BC,  terakhir dilapis AC-WC.

Selain Rehabilitasi Mayor, PPK 3.1 Provinsi Jawa Barat juga melaksankan penggantian Expansion Joint jembatan untuk 5 jembatan guna menjaga kemantapan ruas jalan di pantai selatan Jawa Barat. Kelima jembatan tersebut adalah Jembatan Cidahon, Ciawi, Cikawung, Cidora, dan Jembatan Cilayu.

“Expansion joint merupakan salah satu elemen penting dalam jembatan. Fungsi dari expansion joint adalah untuk meredam getaran yang mungkin timbul akibat beban pada permukaan jembatan,” jelas Clara.

Potensi wisata 

Dengan menjaga kemantapan jalan di Ruas Jalan Cidaun – Pamengpeuk – Cipatujah yang berada di wilayah selatan Kabupaten Garut, Cianjur dan Tasikmalaya, PPK 3.1 Jawa Barat berperan penting meningkatkan kenyamanan masyarakat dan para wisatawan menuju lokasi wisata di wilayah selatan Kabupaten Garut, Cianjur dan Tasikmalaya tersebut.

Di wilayah selatan Kabupaten Garut sendiri ada beberapa lokasi wisata yang terkenal dengan keindahannya. Pantai Sayang Heulang Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut yang indah dan mempesona memiliki bentangan alam dengan hamparan pasirnya dihiasi batuan karang dengan deburan ombak yang cukup kencang.

Selanjutnya Pantai Karang Paranje di Desa Karyasari, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut yang memiliki kemiripan wisata Tanah Lot di Pulau Bali. Di sekitar Karang Paranje terdapat sebuah tebing yang ada gazebonya dan mirip seperti Tanah Lot Bali.

Tidak kalah mempesona, Pantai Santolo di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut yang terkenal memiliki ombak yang cukup besar, pasirnya berwarna putih bersih dengan bentangan alam yang panjang.

Keindahan alam lainnya juga dapat dinikmati di Pantai Rancabuaya, Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut.

Kemudian di Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut juga ada objek wisata Pantai Sancang yang memiliki cerita legenda yang berkaitan dengan Prabu Siliwangi dan putranya Raden Kiansantang.

Pantai Citanggeuleuk di Kampung Citanggeuleuk, Desa Karangwangi, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut memiliki pemandangan berupa bukit yang eksotis menjadi pemandangan utamanya. Pasirnya berwarna kecokelatan dan cukup landai, dapat dimanfaatkan untuk bermain air atau bersantai sambil menikmati angin laut yang khas.

Hamparan pasir putih kecokelatan juga menjadi daya tarik Pantai Cijayana di Desa Cijayana, Kecamatan Bungbulang, Garut.

Di Pantai Sodong Lalay, Kampung Cigoa, Desa Karangwangi, Kecamatan Mekarmukti, Garut banyak ditemukan burung walet yang tinggal di dalam goa-goa kecil sekitar pantai. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang berwarna hitam, dan batuan karang pun ikut menghiasi di sekitar pantainya.

Untuk menikmati pemandangan karang, Pantai Cicalobak yang berada di Desa Mekarsari, Kabupaten Garut memiliki gugusan karang di sepanjang pantainya. Karang tersebut menjadi spot untuk berfoto.

Di Kampung Mekar Bakti, Desa Ranca, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut juga terdapat Pantai Karang Papak yang memiliki hamparan pasir putih yang lembut. Pantai Karang Papak juga memiliki hamparan karang yang rata, dan dihiasi pula dengan rumput hijaunya. (Gin)

dibaca oleh 2,681 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*