PPK 4.4 Jawa Barat Targetkan Pembangunan Jembatan Gantung Sumber Jaya Selesai November 2023

Space Iklan

PPK 4.4 Provinsi Jawa Barat mulai melaksanakaan Pembangunan Jembatan Gantung Sumber Jaya sejak Juli 2023 dan progresnya pada minggu ke-3 bulan September 2023 telah mencapai 47,75 %. (Foto: Ist)

Ciamis, Infoinfrastruktur.com – Masyarakat Desa Sumberjaya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis dan masyarakat Desa Manggungjaya, Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya pada bulan November 2023 dapat melintasi Jembatan Gantung Sumber Jaya.

Jembatan Gantung Sumber Jaya akan menjadi akses infrastruktur penghubung  Desa Sumberjaya dan Desa Manggungjaya yang berada di dua kabupaten yang berbeda.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah IV Provinsi Jawa Barat, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta – Jawa Barat telah memulai pekerjaan Pembangunan Jembatan Gantung Sumberjaya ini mulai bulan Juli 2023.

PPK 4.4 Provinsi Jawa Barat mulai melaksanakaan Pembangunan Jembatan Gantung Sumber Jaya sejak Juli 2023 dan progresnya pada minggu ke-3 bulan September 2023 telah mencapai 47,75 %. (Foto: Ist)

“Pembangunan Jembatan Gantung Sumber Jaya di perbatasan Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya sepanjang 60 meter telah dimulai pada bulan Juli 2023,” kata PPK 4.4 Provinsi Jawa Barat M.R. Chandra, S.T., M.Sc. kepada Infoinfrastruktur.com, Senin (25/09/2023).

Chandra menjelaskan, progres Pembangunan Jembatan Gantung Sumber Jaya pada minggu ke-3 bulan September 2023 telah mencapai 47,75 %. “Ditargetkan Pembangunan Jembatan Gantung Sumber Jaya ini rampung pada bulan November 2023,” ungkap Chandra.

PPK 4.4 berharap Pembangunan Jembatan Gantung Sumber Jaya yang membentang di atas Sungai Citanduy ini berjalan lancar agar dapat difungsikan sebagai akses antara Desa Sumberjaya dan Desa Manggungjaya.

PPK 4.4 Provinsi Jawa Barat mulai melaksanakaan Pembangunan Jembatan Gantung Sumber Jaya sejak Juli 2023 dan progresnya pada minggu ke-3 bulan September 2023 telah mencapai 47,75 %. (Foto: Ist)

Lanjut Chandra menjelaskan, dengan adanya Pembangunan Jembatan Gantung Sumber Jaya ini,  jarak tempuh masyarakat Desa Sumberjaya dan Desa Manggungjaya akan menjadi lebih dekat.

Ketika jembatan gantung ini selesai, Chandra berharap masyarakat kedua desa ini dapat merawat jembatan dengan baik sebagai bentuk rasa memiliki.

Pembangunan Jembatan Gantung Sumber Jaya ini dilaksanakan oleh penyedia jasa CV. Karya Utama dengan nilai kontrak Rp. 4.136.995.778

Selain sebagai akses transportasi, diharapkan Jembatan Gantung Sumber Jaya dapat meningkatkan mobilitas masyarakat Desa Sumberjaya dan Desa Manggungjaya sekaligus meningkatkan potensi perekonomian masyarakat.

Dikutip Infoinfrastruktur.com dari https://jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Sumberjaya adalah desa wisata yang mempunyai atraksi wisata yang beraneka ragam. Desa Wisata Sumberjaya memiliki beberapa daya tarik wisata, di antaranya Situ (Danau) Antralina, wisata agro edukasi, wisata alam perbukitan, perkebunan, trail adventure track, kampung makroni, jungle tracking, areal persawahan dan souvenir dengan kearifan lokal yang menarik. Selain itu juga ada wisata budaya pencak silat.

Situ Antralina memiliki air jernih yang berasal dari Mata Air Antralina. Di samping Situ, terdapat Sungai Citanduy dan sawah sehingga menambah cantik pemandangan khas pedesaan.

Sedangkan Desa Manggungjaya merupakan wilayah dengan keadaan tanah yang cukup subur dan padat penduduk, sehingga sektor pertanian dan sektor perdagangan mendominasi kegiatan masyarakat Desa Manggungjaya.

Adapun komoditas pertanian yang banyak dibudidayakan adalah komoditas hortikultur yaitu sayuran, toga, palawija dan lain-lain. Banyak penduduk desa ini berprofesi sebagai petani sekaligus pengusaha yang mengolah berbagai macam komoditas pertanian menjadi suatu produk.

Kegiatan agroindustri yang paling banyak di Desa Manggungjaya adalah industri kreatif kerajinan tangan. (Gins)

dibaca oleh 2,240 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*