Perkerasan Beton Jalan Bolang – Suniabana Tingkatkan Kemantapan Jalan Penghubung Kabupaten Tasikmalaya dan Pangandaran

Space Iklan

Dari pantauan Infoinfrastruktur.com di lokasi pekerjaan Preservasi Jalan Bolang – Suniabana pada tanggal 22 Desember 2022, ditemukan pekerjaan perkerasan beton dan pekerjaan drainase telah selesai dilaksanakan.

Tasikmalaya, Infoinfrastruktur.com – Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Tasikmalaya karena saat ini Ruas Jalan Bolang – Suniabana yang berada di Kecamatan Salopa telah selesai dibeton sepanjang 4,4 Km.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Provinsi Jawa Barat Howardy, S.T., M.T. melalui PPK 3.3. Provinsi Jawa Barat Arianto, S.T., M.T. menjelaskan, perkerasan beton semen Jalan Bolang – Suniabana sepanjang 4,4 Km untuk meningkatkan kemantapan jalan penghubung antara Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Pangandaran.

Untuk kekuatan perkerasan beton semen adalah mutu FS=4,5 Mpa, dan dowel menggunakan baja ukuran 25 mm. Tebal perkerasan beton Jalan Bolang – Suniabana ini 20 cm.

“Serah terima awal (PHO) Preservasi Jalan Bolang – Suniabana telah dilakukan tanggal 31 Desember 2023,” kata Arianto dalam keterangannya kepada Infoinfrastruktur.com, Kamis (11/01/2024).

Dari pantauan Infoinfrastruktur.com di lokasi pekerjaan Preservasi Jalan Bolang – Suniabana pada tanggal 22 Desember 2022, ditemukan pekerjaan perkerasan beton dan pekerjaan drainase telah selesai dilaksanakan.

Selain sebagai jalan penghubung, kata Arianto, perkerasan beton semen Jalan Bolang – Suniabana juga untuk mendorong peningkatan ekonomoi masyarakat dari sektor pariwisata, pertanian dan perdagangan, meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap fasilitas pelayanan dasar dan layanan sosial.

Dalam Preservasi Jalan Bolang – Suniabana ini, jelas Arianto, pihaknya juga menangani saluran air (drainase). “U-ditch yang digunakan adalah Tipe DS-1, lebar 40 cm, tinggi 40 cm, tebal 7 cm dan kekuatan beton mutu Fc´ = 30 Mpa,” ungkapnya.

Preservasi Jalan Bolang – Suniabana tahun anggaran 2023 yang berada di bawah pelaksanaan PPK 3.3 Provinsi Jawa Barat, dikerjakan oleh penyedia jasa PT. Trie Mukty Pertama Putra dengan nilai kontrak Rp.21.133.026.602,00 dan Konsultan Pengawas PT. Surya Praga (KSO), PT. Nasuma Putra.

Dari pantauan Infoinfrastruktur.com di lokasi pekerjaan Preservasi Jalan Bolang – Suniabana pada tanggal 22 Desember 2022, ditemukan pekerjaan perkerasan bahu jalan dalam proses penyelesaian.

Ruas Jalan Bolang – Suniabana merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Berdasarkan usulan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Preservasi Jalan Bolang – Suniabana dilaksanakan oleh PPK 3.3 Provinsi Jawa Barat dalam rangka peningkatan konektivitas jalan daerah.

Untuk mempercepat peningkatan konektivitas jalan daerah, pemerintah telah mengeluarkan Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Instruksi Presiden (Inpres) 3 Tahun 2023 ini menugaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melaksanakan kegiatan pembangunan jalan daerah yang terhubung dan terintegrasi, utamanya untuk mendukung produktivitas kawasan industri, kawasan pariwisata, kawasan perkebunan, kawasan pertanian, dan kawasan produktif lainnya.

Dari pantauan Infoinfrastruktur.com di lokasi pekerjaan Preservasi Jalan Bolang – Suniabana pada tanggal 22 Desember 2022, ditemukan pekerjaan perkerasan bahu jalan dalam proses penyelesaian.

Dalam rangka mendukung Inpres Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah tersebut, jajaran Redaksi Infoinfrastruktur.com pada tanggal 22 Desember 2023 melakukan liputan khusus dengan memantau langsung hasil Preservasi Jalan Bolang – Suniabana. Dari pantauan Infoinfrastruktur.com di lokasi pekerjaan Preservasi Jalan Bolang – Suniabana, ditemukan pekerjaan perkerasan beton dan pekerjaan drainase telah selesai dilaksanakan, sedangkan perkerasan bahu jalan dalam proses penyelesaian.

Warga yang melintasi perkerasan beton Jalan Bolang – Suniabana yang menghubungkan Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya dan Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangadaran ini merasa senang karena jalan betonnya sudah mulus.

Deden kepada Infoinfrastruktur.com menyampaikan rasa senangnya dapat melintasi jalan beton yang mulus sepanjang 4,4 Km di ruas Jalan Bolang – Suniabana.

“Jalan Bolang – Suniabana ini merupakan jalan alternatif dari Kabupaten Tasikmalaya menuju Kecamatan Langkaplancar, Cigugur, Parigi di Kabupaten Pangandaran. Kini waktu tempuh dari Kabupaten Tasikmalaya menuju Kapupaten Pangandaran semakin cepat,” ungkap Deden kepada Infoinfrastruktur.com, Jumat (22/12/2023) lalu. (Gin)

dibaca oleh 4,247 orang

Space Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*